Mengenai Triple Sparks P200NS

Salah satu hal yang beyond expectation dari Pulsar 200NS ini adalah hadirnya teknologi baru. Bajaj menyebutnya dengan teknologi Triple Sparks. Ya 3 Busi. Kalau selama ini kita mengenal hanya 2 busi yg di tanamkan di pulsar series generasi sebelumnya. Maka P200NS ini menggunakan 3 busi. Tambah 1 lagi dah kaya mobil neh … hehe.  Lalu bagaimana sebenarnya teknologi Triple Sparks ini?

Wogh… 3 busi? Ga kebanyakan tuh bro…? Saya aja pake 1 busi iridium power motor bisa naik nol koma sekian hp. Lha ini 3 busi. Kek gimana tuh?

Dengan adanya 3 busi pembakaran akan semakin sempurna. Ini konon katanya bisa mengurangi emisi gas buang sehingga efek rumah kaca polusi bisa di tekan. Ini juga yg katanya teknologi triple spark bisa di setarakan dgn teknologi fuel injection (setidaknya secara emisi gas buang) dan sdh bisa dikategorikan ke dalam euro3. Opo kuwi euro3? Mbuoh, sangertiku mari ngene ono euro 2012 hehehe…

Lanjut… Dengan adanya triple sparks ini bajaj mengklaim bahwa P200NS bisa mencapai 58 Km/Lt jika kendaraan konstan di kecepatan 50 – 60 Km/Jam. cmiiw. Pencapaian yg luar biasa kan secara ini motor sport 200cc mileage bisa segitu nyaingi matix/bebex.

Dari ketiga busi terpasang, satu master busi berada di posisi di tengah agak ke kiri (lihat gb diatas). 2 busi slave diletakkan melintang pada sumbu x pada engine head. *koyo harddisk ae ono master karo slave:mrgreen: *

Dikontrol secara elektronik, ketiga busi tsb diprogram utk memercikkan api berdasar bukaan gas & kecepatan mesin. Ada banyak peta pengapian untuk memastikan bahwa percikan api di ruang pengapian mendapatkan hasil yg optimal, sehingga menghasilkan power yang dahsyat, efisiensi bahan bakar lebih baik, kecil kemungkinan mesin ngelitik, & mesin menjadi lebih halus tentunya.

Jadi menurut saya bajaj sdh menyediakan motor modifan (setidaknya secara performa) yg siap pakai. Kalau kurang puas dgn busi sutandar mungkin bisa di oprek lg dgn mengganti busi master menggunakan yg iridium. IMHO.

Bagaimana? Tertantang untuk mencoba teknologi baru? Atau masih mau pakai yang itu itu saja ….😉

note: saya bukan anak mesin, jadi kalau ada yg salah tolong dikoreksi. thx.🙂

6 responses to “Mengenai Triple Sparks P200NS

  1. kenapa yang di desain awalnya arm nya pake banana ya???tapi gak jadi…untuk nekan harga nampaknya😀 , tp gw tetap nunggu si FS nya😀 haha

  2. Pingback: Harga Spareparts Bajaj Naik « P200NS – Pulsar 200 Fan Site

  3. Pingback: Gambar Slide Teknologi Triple Sparks Bajaj Pulsar 200NS « P200NS – Pulsar 200 (unofficial) Fan Site

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s