Komparasi New Scorpio Z vs Pulsar 200NS

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya. Dalam kesempatan kali ini akan di paparkan komparasi antara New Scorpio Z 225cc dengan Pulsar 200NS. Lagi komparasi akan di paparkan dalam  gambar.


Gambar Mesin Scorpio Z vs Pulsar 200NS

Mesin. 225cc vs 200cc.

Sama-sama menggunakan karburator

1 busi vs 3 busi

kickstart vs tanpa kickstart

pendingin udara vs pendingin cairan

power 18.2  vs 23.5 bhp

Type Rangka. Double Cradle vs Perimeter Frame (DeltaBox)

 
 


Gambar Headlamp Scorpio Z vs Pulsar 200NS

Headlamp. Klingon vs Bumblebee (Transformers) :mrgreen:

 
 


Gambar Speedo Scorpio Z vs Pulsar 200NS

Speedo. Full analog vs semi digital.

 
 


Gambar Cakram Depan Scorpio Z vs Pulsar 200NS

Cakram depan. Scorpio Z ber disc bulet ser 2 piston tanpa merk. Pulsar 200NS menggunakan disc bertipe petal 2 piston merk Bybre (by Brembo).

Roda depan. Scorpio Z menggunakan ukuran 80/100 ring 18. Pulsar 200NS 100/80 ring 17 tubeless.

 
 


Gambar Knalpot Scorpio Z vs Pulsar 200NS

Kedua motor tersebut sdh mengadopsi monocross. Namun demikian masih terlihat perbedaan signifikan di antara keduanya. Monggo di cermati lebih lanjut….

Rem belakang. Scorpio Z masih menggunakan tromol. Pulsar 200NS menggunakan disc tipe petal merk Bybre (by Brembo) 1 piston.

Knalpot. Scorpio Z berknalpot konvensional model gahar ala lengan robot. Desain yang ciamik tsb mungkin utk menutupi tromol di belakangnya hehehe…. Pulsar 200NS menggunakan knalpot ber catalyc converter yang di dukung dengan teknologi ExhausTec yang kabarnya sudah dipatenkan yang hanya dimiliki oleh Bajaj.

Arm Belakang. Sama-sama “Full Kotak”

Roda belakang. Scorpio Z ukuran 100/90 ring 18. Pulsar ukuran 130/70 ring 17 tubeless.

 
 


Gambar Tail Light Scorpio Z vs Pulsar 200NS

Jok. Scorpio Z masih “jok sambung” sedangkan pulsar 200ns sdh menganut model split.

Rear Handgrip. Scorpio Z nyambung ala bebek. Pulsar 200NS sudah separated terpisah.

Lampu belakang. Berbeda. Lebih keren mana…?

Spakbor belakang. Berbeda. Kerenan manaaaaa ?

Dudukan Plat Nomor. Berbeda. Siiip yg mana coba….?

Spakbor Kolong. Scorpio Z tidak ada. Pulsar 200NS ada.

Footstep Boncenger. Sama-sama sdh model gantung.

ShockBreaker. Sama-sama sudah monoshock.

Sproket belakang & Rantai. Berbeda. Juozzz yang mana….?

NOLAN N63 Lorenzo Size L – Metal Black

Komparasi detail mesin dalam format excel / pdf akan diupload menyusul. Monggo jika ada yang ingin menambahkan….

35 responses to “Komparasi New Scorpio Z vs Pulsar 200NS

    • bebek juga banyak yang muncratin ke belakang. matic juga kadang2
      saya pernah dimuncratin. makanya pengin cepet upgrade ke p200ns.

      ntar mau ta cari tuh orang yg pernah muncratin ane….. mau ta muncratin ganti haghaghag….. :mrgreen:

  1. Pilih Pio aja deh.. spare part lebih mudah 3S terjamin… bengkel2x pinggir jalan banyak yang bisa nanganin.. dioprek juga mudah… kwalitas dan durabilitynya juga sudah terbukti, selisih harga juga ga jauh amat.. kalo soal model relatif sih Pio juga mudah tuk dimodif. tapi 3S dan ketersediaan Part.. ga bisa di hargain selisih harga tersebut, apalagi tinggal di daerah yang jauh dari pusat kota..liat aja 2 tahun kedepan spare part pulsar 180 dan 200 pasti akan hilang saat ini aja susah apalagi 2 tahun yang akan datang, ada rumor pulsar 180,200,220 akan mulai discontinue tapi emang bertahap.

    • ‘kwalitas & durability’ ny udh ‘terbukti’, emmm… terbukti apa ny ya boz? amblez ny kah? aneh…
      ‘desain relatif’ ya iyalah, bukti ny banyak yg lbh suka p200ns drpd scorpio, relatif lbh bnyk yg ngerti desain bagus.
      poin2 minus u ga bilang, scorpio jg bnyk min ny dr p200ns, klo u nge-‘dewa’in 3s So WhAt???
      beli barang minus tpi terawat ampe mati, ato beli barang plus kualitas bukan abal2 dgn resiko tanggung sndri, pilihan lo ama gua udh jelas berarti, kasian…
      《♥p200ns♥》

    • Milih motor mikirin 3S. Biar motor butut, yang penting 3S … 3S …3S. Milih motor mikirin bengkel pinggir jalan. Kayaknya ente salah masuk, nih. Mending ente nogomongnya di depan tukang ojek.

  2. Harganya? Hehehehe. Saya orang awam. Pembuktian motor keren sama ga itu yg paling gampang di lampu merah. Coba misalnya kedua motor tsb ada di lampu merah yang paling banyak dilirik yang mana kira2. Jangan dari belakang, kasihan kalajengking. Piss

  3. P200NS mungkin lebih keren dari scorpio 225….. yang jadi kekurangan….P200NS masih belum jelas kapan nongolnyaaa…………masih angan-angan…..

  4. lok mnurut gw dua-dua.x sama2 bagus kok, tinggal yg punya motor gmn??????
    dirawat bneran pa kagak??? ngerti mootor gk??? harga n merk bukan patokan kwalitas,

  5. kalo gw lebih suka scorpio yg model rx-king yg pertama kluar 2001 akhir, yg mesin semuanya asli jepun. ada pepatah buat motor ini, jgn liat buku dari sampulnya.
    tapi jujur, pulsar yg terbaru ini, modelnya menurut g yg paling keren dari pulsar2 lain. itu kalo jadi masuk

  6. Wah gg imbang gan’ jelas kalah klo pio’ klo mau sma fazer tuh’ dari penilaian ane fazer250 V p200ns 11_12 gan’, sama2 guaaanteeeng’ hehehe,,,,,,,,

  7. ya elah,…pada ketipu tampang,…..tampang bagus blom tentu berkualitas,…..jdi jngan salah pilih,…cobain dulu baru comand,…..

  8. ada yg dari yamaha nie….
    klo masalah kliling bro bajaj baru broo….
    ape kaga malu tu klo 22 nya sama umur nya..
    gw rasa menjerit tu pio kwww..
    walau sih gw baru boyang MX NEW

  9. Sumber :
    http://innocentrider.wordpress.com/2009/12/29/tiger-vs-thunder-vs-scorpio/

    ini versi scorpio lama :

    0 – 60 km/jam; 3,36 detik
    0 – 80 km/jam; 5,21 detik

    0 – 100 meter; 6,61 detik
    0 – 201 meter; 10,45 detik

    Sumber :
    http://www.mypulsar.com/pulsar-200ns/tech-specs.html

    ini versi pulsar 200ns mendatang (2013) :

    0-60 kmph 3.61 sec
    0-100 kmph 9.83 sec

    Max Speed 136 Kmph

    kalau dua-duanya diadu, mungkin bakalan keren ,,,

    tapi sebagai catatan :

    pio lama : tenaga 19ps<<>>pulsar 200ns : tenaga 23,5ps
    pio lama : berat kosong 125kg<<>>pulsar 200ns : berat kosong 145kg
    pio lama : lebar ban KECIL<<>>pulsar 200ns : lebar ban BESAR

    mungkin akselerasi sedikit lebih unggul pio lama karena bobotnya yang ringan, dan bannya yang kecil, di dukung basis mesin motor trail yamaha.

    tapi mungkin top speed lebih unggul pulsar 200ns “23,5 ps” nya.

    Salam Ngebut
    (rider Scorpio Z juni 2010)

    🙂

  10. aku masih pake pio untuk kerja luar kota pp (sehari 150an kilometer) dari tahun 2008, aku bilang pio ini tangguh tp jujur karena dah 4 tahun lebih ntar tahun ke 5 pengen p200ns. ok aku tambahin kekurangan pio dibandingkan dengan p200ns al: tenaga kalah, sistem pendingin kalah desain kalah cuma yang belum tentu kalah adalah durabilitasnya/ keawetan (tapi aku berharap kalah juga) so makin ada alsan untuk ganti dengan p200ns.kalau brand jelas pulsar kalah.

  11. dilihat dari bore p200ns 72mm vs pio 70mm, bisa dibilang area klep in lebih besar pzoons, tentu saja power yang dihasilkan akan lebih besar. namun power yang besar ini didapat di rpm yg lebih tinggi bila dibandingkan dengan pio. pada trek lurus panjang tentu saja pio sedikit tertinggal, tapi soal akselerasi dan melahap tanjakan serta tikungan, mesin pio yang basisnya dari motor trail ini tidak bisa diremehkan. dalam hal top speed, pio mungkin saja sedikit tertinggal, tapi soal kecepatan rata2 (trek lurus, tanjakan dan tikungan) mungkin berkata lain. alasan saya lebih memilih pio ialah karna trek di daerah saya kebanyakan tikungan dan tanjakan. naik pio lebih santai di tanjakan, tak perlu ngegantung rpm. dengan torsi yang cukup besar di putaran menengah, sehabis keluar tikungan langsung wuzzzz wuzzz wuzzzz.

  12. belum tentu,

    kalah dalam segi desain ? mungkin iya..
    kalau performa, he..he..he…
    tunggu dulu kemunculan pulsar 200ns.
    baru diadu dari keadaan diam sampai top speed.

    walau scorpio lama cuma 19ps
    scorpio sekarang 18,3ps…

    jangan remehkan akselerasi dan torsi nya.

    sepengetahuanku, scorpio masih masuk dalam kategori 4tak yang buas,,,
    (NINJA 250R, SCORPIO, SATRIA F 150)

    mari kita nantikan kedatangan PULSAR 200NS.

    salam ngebut..
    salam selamat…

  13. udah ga usah adu kebut kebutan..
    sekarang siapa cinta yamaha pasti scorpio..
    dan yang sayang bajaj dan kawasaki pasti BR200A / P200Ns..
    dua2 nya bagus..tinggal perawatan..aja..

    oce….

Leave a reply to Slealh Cancel reply