Hard Braking not Heart Breaking :-D

Beberapa hari yang lalu, saat pulang kerja, p200ns.wp mengalami apa yang mungkin sering disebut sebagai panic braking. Ngerem puolll sampai ban belakang ngesot ke depan. Apa hard braking ya…. ? hehe….

Wahduh ono opo mzbro….?

Kejadiannya saat pulang kerja. Sore hari. Sore yang agak tidak biasa. Sore dimana jalanan yang biasa dilalui pulang kerja terasa lengang banget & suepi. Padahal saat keluar dari ruang kerja sudah di niatin untuk easy riding. Slowly but sure:mrgreen: eeee… melihat jalanan yang suepi gairah sembalap keluar dah hehehe….

Pada rute pulang, ada satu track yang lumayan mulus & lebar. Track agak nikung ke kiri, nikungnya agak panjang. Nah biasanya di track ini padat kendaraan bermotor kombinasi r2, r4, r6, r8, r12 aka trailer:mrgreen: Lha sore beberapa hari kemarin itu lha kok suepi banget tho yo……

Wessss melihat jalanan dalam posisi yang begitu menggoda & menggairahkan, langsung betot gas. Dueeeettttt….. wuzzzz motor ngacir. Saat berakselerasi dari 3 mau ke gigi 4 (gag lihat speedo saking asyiknya merasakan sensasi the scarily fast๐Ÿ˜€ lg ngacirrrr)…. lha kok mak bejudul keluar trailer super besar dari sebuah pabrik dari arah kiri p200ns.wp.

Saat pertama terlihat p200ns.wp blm injak rem maupun tarik handle rem depan. Masih berharap pengemudi trailer melihat saya, & menghentikan laju trailernya. Kelihatannya dia akan keluar dari pabriknya untuk meluruskan posisi trailernya. Berarti dia akan menghabiskan seluruh badan jalan, baik jalur yg sedang di lalui p200ns.wp maupun jalur dari arah berlawanan dengan posisi melintang.

Posisi pabrik dimana trailer tersebut keluar agak lebih tinggi dari jalanan sehingga trailer yang keliatannya sedang full load turun njojrog begitu saja.

Walah….. si supir mungkin melihat saya tapi kok ga brenti dia. Wahduh ga beres ini…. sejurus langsung saya tekan klakson beberapa kali. Krn nangggung lagi mau klimaks masuk gigi 4 ini hihihi…… Lho pak supir tetep aja gag ngurangi laju trailernya. Atau sdh ngerem tapi gak langsung brenti krn trailer yang full load itu yah…..

Busyetttt, ga mau ambil resiko melihat jarak yang sudah semakin dekat, p200ns.wp reflek narik handle rem depan + nginjak rem belakang bersamaan. Tidak sampai 2 detik, ban belakang sudah terasa ngesot ke kanan di iringi suara decitan keraz memekakkan telinga. P200ns.wp berusaha keras mengendalikan motor agar tetap berada di jalur, kalau motor di biarkan makan jalur berlawanan p200ns.wp ga mau ambil resiko itu secara jalanan yang agag nikung ke kiri menyebabkan pandangan tidak bebas terhalang si trailer yg sudah nongol menghabiskan jalur yang mau di lalui p200ns.wp.

Terlihat supir trailer sudah memahami kondisi p200ns.wp. Trailer terlihat sdh brenti. Tapi posisinya makan habis jalur p200ns.wp. Motor ga brenti begitu saja. p200ns.wp tetap berusaha kendalikan motor untuk tidak ambil jalur berlawanan. Kalau ada yang ambil gambar nya mungkin akan terlihat seperti motor yang lagi melakukan aksi drifting hehehe…..

Motor p200ns.wp terus melaju dengan posisi ala drifting tersebut. Blusss nglewatin depan trailer. Alhamdulillah jalur dari depan juga kosong mlompong. Mungkin si supir sdh tahu kalo kosong, sehingga memang sengaja tadi ga ngerem. Kenapa lu ga ambil jalur yang berlawanan yang sedang kosong itu (mungkin begitu pikir si supir). Lha gua kan lagi naik motor bukan naik trailer yang tinggi itu sehingga pandangan tidak sebebas elu monyong.

Motor batuk2. Berarti kecepatan sdh turun. Down shift 2x, pakai gigi 1. Itu pun mesin ga nggereng. berarti kondisi dah normal neh…..:mrgreen: Aman. Terlihat 2 polisi di ujung jalan clingak – clinguk manjangin lehernya seolah ingin tahu melihat apa yang terjadi. Padahal posisi keluarnya trailer dengan posisi pak pol ada kalau sekitar 500 an mtr. Kenceng juga ya decitan roda tadi hehe….

Lanjutin perjalanan. Sambil berpikir. Tadi yang salah apa ya….? Biasanya kalau ada trailer mau parkir kek gitu tadi pasti ada minimal satu orang yang kasih aba – aba. Baik aba – aba ke si supir maupun kasih aba – aba ke pengendara di jalan. Seingat p200ns.wp tadi kok ga ada ya….? Jangan – jangan yang pegang kemudi tadi si kernet. Wes jan ga genah blaszzz

Jadi berpikir ABS hehehe….. Sebegitu perlunyakah fitur ABS di motor sport cc kecil? Tunggu pendapat p200ns.wp di artikel selanjutnya.

Stay tuned….

ket: gambar hanya ilustrasi semata

7 responses to “Hard Braking not Heart Breaking :-D

  1. I told you …๐Ÿ˜€
    ABS is extremely important …
    By the way, it’s not “breaking”. I believe what you meant was “braking” (panic braking or hard braking).

  2. itu namanya bukan hard braking (apalagi breaking). itu namanya panic braking. buat pemula emang umum banget ngerem sampe ngepot ban belakang. mesti latihan2 dulu ditempat aman ngerem yg aman. sering2 belajar ngrem depan tarik lepas dikit secara cepat. rem belakang mesti lebih sedikit injaknya dibanding rem depan. bantu dengan turunkan gigi. semoga terbantu.

  3. wkwkwk diedit tulisannya. masbro etika blogger kalo ada yg revisi, bukan diam2 edit doang. kalo edit, yg lama cuma di coret (strikethrough). dengan begitu para pembaca tetap setia mengkritik. kalo begini bisa makin sepi. good luck๐Ÿ™‚

    • +1 I couldn’t agree more here …๐Ÿ˜€
      Other than for ethics, if you do that, it also shows that you (the website owner aka blogger?) appreciates what your commentator(s) has done for you … you wouldn’t be troubled because of it, would you? In fact, you should be proud of it instead …

      Cheers

  4. Pingback: Apache RTR 180 ABS vs Pulsar 200NS, Sebuah Analisa Harga versi p200ns.wp | P200NS – Pulsar 200 (unofficial) Fan Site

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s