Pentingnya Pelumasan (perawatan) Rantai Motor

2013-kawasaki-ninja-250r-chain

Bagi sebagian kita mungkin ada yang rada ‘cuek’ mengenai pentingnya pelumasan rantai motor. Angger isok mlaku yo wes….. jarno ae iku rante. Hehe….

Disadari atau tidak, rantai adalah salah satu komponen penting yang perlu mendapatkan perhatian ekstra. Apalagi di musim hujan begini. Rantai mudah sekali terserang karat. Jika di biarkan tentu bisa mengurangi performa motor. Lebih parah lagi bisa putus tuh rante…..

Naudzubillah min dzalik…..

Moga – moga tidak terjadi pada p200ns.wp, bini, & mzbro n mbsiz sekalian. Soalnye tadi baru liat motor bebek kebingungan krn rante putus. Untung tidak dalam kecepatan tinggi krn bebek tadi sedang terjebak kemacetan. Cuman kena bel kanan kiri & omelan2 gak jelas dari pengendara lain.😀

Balik ke topic.

Masa rantai berhubungan dengan performa motor? Lho iya bro….. berdasar beberapa penelitian. Motor yang setelah di ganti dengan rantai high performance aka rante racing, kemudian di test diatas dyno. Diketahui bahwa terjadi lonjakan power & torsi yang cukup lumayan. Bisa meningkat sekitar 2 – 3 hp. Lumayan kan.

Nah, korelasinya dengan perawatan rantai standar apa? Jika motor keluar pabrik dapetnya 32hp. Setelah pemakaian beberapa bulan / ratus km maka terlihat rante tampak kotor & kering. Untuk kondisi extrem (sangat kotor, sangat kering, & berkarat) mungkin power tuh motor bisa drop jadi 30 atau mungkin jadi tinggal 29 hp saja power nya. Itu logika awam saja ala p200ns.wp. Soale blm pernah test dyno hiahaha…… Sayang kan performa motor turun seperti itu.

chain lube

Lalu bagaimana sih sebenarnya perawatan rantai motor.

p200ns.wp temui berbagai macam cara, tips, & trik merawat rantai motor. Mulai dari yang paling sederhana, sampai yang super extrem dengan melepas rantai dari girnya. Nah untuk cara yang terakhir sangat tidak di sarankan bagi para pemula aka beginner. Ntar jadinya bisa bongkar gak bisa pasang hahaha…..

Di pasaran tersedia banyak yang namanya chain lube. Kita bisa memanfaatkan kepraktisannya. Tinggal semprot, semprot, semprot. Dan rata – rata chain lube yang beredar sekarang sudah termasuk meliputi 3 fungsi perawatan rantai yaitu, membersihkan, melumasi, & melindungi rantai dari debu & kotoran. Chain lube terakhir yang di pakai p200ns.wp sdh memiliki 3 fungi tersebut. Merk nya K** Chain Lube😀

Namun terkadang p200ns.wp juga merawat rantai motor secara manual(dilakukan thdp motor bebek ane). Meski tidak sampai melepas rantai dari motor, tips yang p200ns.wp lakukan ini lumayan mujarab untuk tetap menjaga performa motor dan keawetan rantai motor.

Caranya:

Ambil sedikit shell super extra bbm dari tangki. Taruh di wadah khusus. Siapkan kuas. Kemudian mulai bersihkan rantai dengan kuas yg telah di celup ke wadah berisi shell super extra bbm tadi, bersikan menyeluruh pada setiap sisi rantai.

Setelah bersih, lakukan pelumasan. Tuang oli shell advance ultra persediaan mzbro sekalian  ke sebuah wadah. Kalau bisa gunakan oli backup anda yg masih baru. Jangan gunakan oli bekas karena katanya untuk pemakaian yang kontinyu malah akan mengikis bagian2 rantai itu sendiri. Celup kuas ke wadah berisi oli tadi kemudian oleskan merata ke rantai. Lakukan menyeluruh ke setiap sisi rantai.

Well…. meski agak ribet tapi p200ns.wp lebih prefer ke langkah manual ini di banding dengan hanya semprot semport chain lube. Karena menurut p200ns.wp langkah manual memberikan hasil yang lebih bagus. Rantai lebih bersih, & pelumasan lebih bagus & merata menyeluruh ke setiap sisi rantai.

Lebih bagus lagi memang rantai di lepas, kemudian di rendam pada cairan shell super extra bbm. Namun sangat tidak disarankan bagi pemula😀

Semoga bermanfaat.

update: cara manual (tanpa cairan pembersih seperti chain lube) tidak berlaku untuk rantai bertipe khusus seperti o-ring.

6 responses to “Pentingnya Pelumasan (perawatan) Rantai Motor

  1. Mungkin perlu diperjelas gan, tips ini untuk rantai type apa? Karena klo buat rantai yg model O Ring membersihkan dgn bbm tsb sangat tidak baik untuk kelangsungan masa pakai rantai nantinya. Kecuali dibersihkan pake solar (recommended di rendam) bisa menambah umur si rantai tsb. Tips dari mekanik beres bajaj di kota ane…..

    • wah….. kirain sdh tdk ada yg peduli ama situs ini hehe…
      terima kasih atensinya mzbro :-bd

      minggu depan, bakal ada banyak artikel menarik.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s