Knalpot Bawah Mesin Oke Juga Buat Melibas Banjir

Desain ora umum baru tak jarang menuai banyak pro & kontra. Tak terkecuali desain Under Engine Exhaust milik Pulsar 200NS. Sebuah desain yang di tujukan untuk meningkatkan handling, karena dengan knalpot di tengah bawah mensin dipastikan CG, Center of Gravity motor jadi lebih bagus, seimbang yang pada akhirnya akan menyebabkan motor memiliki handling yang lebih mantap.

Desain knalpot bawah mesin mulai jamak kita temui pada motor – motor modern keren masa kini. Pulsar 200NS jelas pakai knalpot bawah, begitu juga KTM Duke 200 keduanya memiliki desain mesin + exhaust yang 11-12. Tak hanya motor 200cc yang sudah mulai mengimplementasikan knalpot bawah mesin (underbelly exhaust). Kita ketahui juga Kawasaki Ninja 650 & juga Ducati Panigale 1199 pakai kanlpot bawah.

Lalu bagaimana relevansinya dengan kondisi perkotaan tanah air yang kerap di rundung banjir tatkala hujan mendera….?

Surabaya sudah jarang banjir sih sekarang hehe…. Kalau toh banjir cepet banget surutnya. Alhamdulillah ya bisa tinggal di Surabaya, sesuatu getuu qkqkqkqkqk…. Jakarta katanya masih sering banjir dah gitu lama pulak surutya. Kacian d lu….. Plakkk.

Ini ada video tentang bagaimana KTM Duke 200 melibas banjir. Monggo di cekidot…. Video dapet dari youtube.

Sementara ini video nya KTM dulu, yg Pulsar 200NS ngubek youtube ga nemu – nemu :mrgreen:

9 responses to “Knalpot Bawah Mesin Oke Juga Buat Melibas Banjir

  1. :mrgreen:
    I’ve already seen this video for quite sometime. I must admit that the Duke 200’s machine (or perhaps the “whole” exhaust system) is amazing.
    Needless to say, I wish that BAI could make a similar video using the P200NS bike. I really want to know how it will performs against similar conditions. Oh and if I could suggest, they should also add another “similar” testing, the “cleaning/washing” testing. ๐Ÿ˜€ Why? It’s because every time I “clean” or “wash” my P180 bike using the “common” washing services, I couldn’t start my bike instantly. I have to “dry-up” both the plugs and their housing, and also the air filter.
    Now with the P200NS “armed” with the so-called three spark plugs “advance” technology, I want to see how it handles this challenge … :
    BAI, bring it on …!! :mrgreen:

    • harus diketahui selama mesin nyala, air gak akan masuk via knalpot. yang perlu diperhatikan adalah posisi “air intake” (udara bukan water). silahkan perhatikan mobil2 rally, yang dikasih belalai bukan knalpotnya tp saluran udara masuk. semoga yang masih salah kaprah sekarang jadi mengerti.
      dan test duke yg parkir motor dalam keadaan mati digenangan air, woke banget.

      • Thank you my dear friend. Your information is so helpful.
        I believe that analysis is so … very accurate.
        If I may ask, do you currently have bike (any bike) right now? If so, would you mind to put it on test just like the test on the video above? ๐Ÿ˜€
        As I said, I’m really amazed about the Duke 200’s build, based on the video and so I don’t have much doubt anymore about it. But, what about others?? You tell me … based on your very much own video of course … :mrgreen:
        As I said again, I believe your analysis is very accurate … I can’t wait to see your video …

        Cheers.

  2. Udah tau blom bro pulsar 200ss..?? versi fairing p200ns..Dah ada kbr nya tuh..lg uji coba..gambar2nya jg dah bermunculan..silahkan googling..smoga bermanfaat

  3. Pingback: KTM Duke (mungkin) Nongol Juni 2012 | P200NS – Pulsar 200 (unofficial) Fan Site

  4. Bros sekalian, mohon petunjuknya dund… Sy sdh pny 220 dts-i, Sgt trkesan dgn responsif dan tarikannya. Tp, pengen modif lg, trtm d knalpot. Sgt trtarik dgn model p200ns dan duke 200. Bisa didapatkan dmn y model knalpot spt d 2 model trsbt? Apkh akan mempengaruhi responsif dn tarikannya standarnya? Thanks ya…

  5. Pingback: KTM Duke 390 | Just MotorBikes

Leave a comment