MV Agusta Brutale Akan Dilengkapi dengan EAS

Pabrikan moge asal Itali MV Agusta akan memasangkan perangkat EAS pada moge naked mereka MV Agusta Brutale. Moge naked berkapasitas 675 cc tersebut akhirnya juga akan mendapatkan perangkat canggih  EAS setelah sebelumnya pabrikan mengumumkan hanya akan menginstall EAS pada moge fairingnya F3 675.

MV Agusta Brutale & MV Agusta F3 675 adalah moge keluaran pabrikan Italia yang sama-sama mengusung mesin 675 cc 3 cylinder. Hmmm…. hingga kini berarti sudah di ketahui ada 2 moge kelas 600 cc yang punya 3 cylinder di mesinya. Apa saja itu….? Adalah Triumph yang sebelumnya pernah sedikit di bahas di sini & sekarang juga tahu bahwa moge dari MV Agusta tersebut diatas juga punya 3 cylinders.


MV Agusta Brutale 2012

Selain itu ada Kawasaki ER6 yang juga keluar 2 varian naked & fairing, keduanya pakai mesin 650cc. Cuman bedanya ER6 pakai 2 cylinder, & sudah dipasarkan di Indonesia:mrgreen:     Selain Kawasaki  moge yang punya jaringan di Indonesia adalah Ducati.😀

MV Agusta Brutale & F3 675 adalah 2 moge yang di klaim sebagai motor yang punya performa terbaik di kelasnya. Keduanya berbagi pakai banyak sparepart yang sama, yang pada akhirnya pabrikan juga akan memasangkan EAS pada moge nakednya MV Agusta Brutale. Kabarnya EAS yang akan di pasang pada Brutale sudah merupakan versi penyempurnaan dari system EAS versi sebelumnya yang terlebih dulu di kembangkan pada MV Agusta F3 675.


MV Agusta F3 675 2012

Terlihat jelas dari kedua gambar di atas bahwa keduanya, MV Agusta Brutale & F3 675 menggendong mesin yang sama plek. Sebuah mesin 675cc dengan 3 cylinder & 3 mufler out sekaligus. Bengizzz. Strategi yang mirip juga digunakan oleh Pulsar 200NS & Pulsar 200FS nantinya …. ya tho ….. mantab ga …. ?:mrgreen:

Apa sih EAS…? EAS adalah kependekan dari Electronically Assisted Shift. Gampangnya, dengan EAS kita bisa pindah gigi tanpa narik tuas kopling & tanpa ngendorin gas. Jadi kalau lagi kebelet bisa langsung juooozzz …..:mrgreen:

p200ns.wp juga pernah ngedenger istilah dual-clutch, kira-kira apa bedanya….? Atau sudah ada yang tahu monggo di share ….:mrgreen:

11 responses to “MV Agusta Brutale Akan Dilengkapi dengan EAS

  1. rx king tukang ojek ditempat ane juga udah pake tuh eas,lha naik motor sambil panggul barang pindah gigi,gas manjer tanpa tarik tuas kopling lho,wkwkwk

  2. EAS dan DCT(Dual clutch transmission) beda mas bro.kalo eas kan pindah gigi tanpa narik kopking.biasanya dipasangi sensor yang kerjanya mutus pengapian sementara saat pindah gigi
    kalo dct itu kopling ganda jadi pindah giginya nyaris tanpa jeda karena ketika posisi gigi 1 kita mau mindah ke gigi 2.kopling yg satinya udah terhubung ke gigi 2.bingung?

  3. Pingback: Triumph sudah Hadir di Indonesia | P200NS – Pulsar 200 (unofficial) n Other motobike Fan Site

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s