Tips Hemat BBM Motor

Kali ini p200ns.wp coba berbagi tips. Seperti kita ketahui bersama bahwa per April nanti kemungkinan besar harga BBM akan naik. Apa yang bisa dilakukan….? Kalau mempunyai sumber daya bisa bergabung bersama Pak Mentri DI mengembangkan mobil listrik. Yang belum cukup sumber daya bisa menyumbangkan pikiran juga doa, atau bisa juga memulainya dari minimal diri kita sendiri dengan menghemat pemakaian BBM agar Minyak Dunia tidak cepat habis. Minimal kenaikan BBM nanti tidak membuat kantong kita mbrodhol …. hehe…

Berikut adalah tips hemat BBM ala p200ns.wp

  1. Jangan terlalu lama manasi motor.
    Manasin motor cukup 2 – 3 menit saja tiap pagi. Jangan terlalu lama, apalagi pake acara blayer-blayer segala. Ude ga jaman, selain itu juga mbribeni tanggane hehehe… Tapi juga jangan terus ga di panasi sama sekali karena imho secara jangka panjang akan ngefek ke daleman mesin cmiiw.
  2. Cek tekanan angin pada ban secara berkala.
    Ban yang terlalu gembos bisa menyebabkan laju motor lebih berat yang juga mengakibatkan mesin bekerja extra.
  3. Cek rem.
    Terutama yang masih pakai tromol. Jangan terlalu rapat yang bisa menyebabkan gerak roda terhambat.
  4. Cek Busi.
    Busi yang prima menyebabkan pembakaran sempurna yang pada akhirnya akan berefek pada konsumsi BBM. Biasanya ganti busi stlh pemakaian 6000 – 7000km / atau 1 tahun mana yang lebih dulu tercapai :mrgreen:
  5. Jangan telat service.
    Kondisi motor yang prima tidak hanya membantu dalam penghematan BBM tapi juga keseluruhan aktifitas berkendara itu sendiri.
  6. Gunakan shortest path.
    Manfaatkan teknologi seperti google map untuk mencari shortest path ke tempat tujuan. Kecuali sudah punya gps ya lain lagi :mrgreen:
  7. Perhatikan gaya Berkendara.
    Jangan terlalu sering berakselerasi, kecuali sangat dibutuhkan. Misal di salip alay, ya harus di kejar heheheh….

 
 

Demikian tips hemat BBM ala p200ns.wp. Sederhana tapi sering terabaikan. Semoga bermanfaat.

3 responses to “Tips Hemat BBM Motor

Leave a comment