Artikel Seri Motor – motor Diatas 250cc: KTM Duke 390

Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, p200ns.wp akan mengulas detail satu persatu motor motor diatas 250cc yang telah di muat di artikel sebelumnya. Klik disini untuk membaca artikel daftar motor – motor diatas 250cc.

Dalam daftar tersebut yang akan di kupas duluan adalah KTM Duke 390. Sebuah motor bergenre moto bike (basis desainnya adalah sebuah motor motocross cmiiw).

Monggo langsung di cekidot!

KTM Duke 390 telah di kenalkan ke dunia pada gelaran motor EICMA 2012 di Milan yang baru saja berlalu beberapa hari yang lalu. Motor dengan kubikasi murni 373cc ini memiliki desain yang kata orang sono sama pleg percis dengan produk KTM sebelumnya yang telah mengaspal banter di India KTM Duke 200.

Berikut adalah detail spesifikasi teknis dari si KTM Duke 390. Kate sipae…? KaTe eM duoang ach…. wkwkwkw…..

Engine type: 4-stroke single cylinder liquid-cooled 4-valve DOHC
Engine capacity: 373.2cc
Bore x Stroke: 89mm x 60mm
Compression ratio: 12.5 : 1
Horsepower: 44PS at 9,500rpm
Torque: 35Nm at 7,250rpm
Starter: Electric
Wheelbase: 1,367mm
Ground clearance: 170mm
Seat height: 800mm
Weight: 139kg
Tank capacity: 11 Liter
Brakes (Front): Disc brake with four-pot brake caliper 300mm disc
Brakes (Rear): Disc brake with one-pot brake caliper, floating brake discs 230mm disc
Tyres (Front): 110/70 – ZR 17 M/C
Tyres (Rear): 150/60 – ZR 17 M/C

Frame: Tubular space frame made from chrome molybdenum steel, powder-coated
Fork: WP Suspension Up Side Down
Chain: 5/8 x 1/4” (520) X-Ring
Steering head angle: 65°

keterangan: spesifikasi detail disarikan dari beberapa sumber terpercaya di internet

Meski bergenre motobike, KTM Duke ini secara desain tergolong moderat canggih masa kini. Lihat saja knalpot yang letaknya di bawah mesin yang lebih dikenal dengan sebutan underbelly exhaust. Dimana desain berani tersebut sempat menimbulkan perdebatan seru di kalangan pecinta motor di tanah air.

Keraguan akan desain underbelly exhaust, di mana Indonesia yang notabene memiliki 3 musim yaitu musim kemarau, musim hujan & musim banjir :mrgreen: menimbulkan keraguan di kalangan pecinta moto tanah air. Dan kemudian keraguan terjawab dengan hadirnya video di youtube yang meperlihatkan sebuah KTM Duke 200 di test melewati genangan air setinggi +/- 40cm & si KTM fine-fine saja melibasnya.

Bahkan extreme nya lagi, KTM Duke tsb sempat direndam sekitar +/- 30 menit di kubangan air. Kemudian di gunakan lagi tetap normal tdk ada masalah brarti.

KTM Duke 390

Harga: 43 jutaan rupiah (rumor di india)

Status: Blm Masuk Indonesia via ATPM / APM

4 responses to “Artikel Seri Motor – motor Diatas 250cc: KTM Duke 390

  1. Pingback: Artikel seri Motor – motor Diatas 250cc: ER6 Series | Just MotorBikes

  2. duke unggul di upside down dan injeksi dan pulsar unggul di value of money. kalau pulsar karbu bisa 50 kpl duke dengan injeksi teorinya bisa lebih irit dong? pabrikan jepun akn melek tp pabrikan lokal yang terus tidur makin tebelin selimutnya alias makin lelap.

Leave a comment